Rabu, 18 Oktober 2017

APA ITU AIR ALKALI (ALKALINE)

Sudah menjadi trend atau life style ( gaya hidup) dimasyarakat baik di perkotaan ataupun pedesaan dengan minum air beralkali. Banyak dijual dipasaran alat-alat baik itu mesin , teko, termos, botol minum, tempat minum dan sebagainya  dengan dimodifikasi oleh pabrikan resmi  untuk menghasilkan air alkali tadi.ataupun yang sudah jadi .
ph chart-table ph tester-tabel acidic water-basa-asam-alkali


Apa itu Air Alkali ?
Seperti yang kami kutip dari buku  Khasiat Air Alkali plus Anti Oksidan karangan Afin Murtie & Marzuki Yahya . Bahwa Alkali memiliki  arti basa, sehingga air alkali memiliki air yang bersifat basa.
Sifat basa merupakan sifat yang menyerap ion hydronium saat dilarutkan dalam air.  Sifat basa ini lawan dari sifat asam  dan pada air disebut basa apabila memiliki pH lebih dari 7
Sedangkan air alkali yang memiliki pH diatas 7 yang menandakan air ini memiliki sifat basa.
pH  merupakan tingkat adanya keasaman/basa suatu larutan yang diukur dengan skala 0 sampai dengan 14.   Tinggi rendahnya  pH air dipengaruhi terutama oleh kandungan mineral lain yang terdapat dalam air tersebut .

Kami kutip dari wikipedia bahwa pH adalah 
pH adalah derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan yang wikipedia-ph tester-ph tester cair dimiliki oleh suatu larutan. Ia didefinisikan sebagai kologaritma aktivitas ion hidrogen  (H+) yang terlarut.  Koefisien aktiviats  ion hidrogen tidak dapat diukur secara eksperimental, sehingga nilainya didasarkan pada perhitungan teoretis. Skala pH bukanlah skala absolut. Ia bersifat relatif terhadap sekumpulan larutan standar yang pH-nya ditentukan berdasarkan persetujuan internasional.
Konsep pH pertama kali diperkenalkan oleh   kimiawan Denmark Soren Peder lauritz Sorensen  pada tahun 1909 . Tidaklah diketahui dengan pasti makna singkatan "p" pada "pH". Beberapa rujukan p berasal dari singkatan untuk powerp[2] (pangkat), yang lainnya merujuk kata  bahasa Jerman  Potenz (yang juga berarti pangkat)[3], dan ada pula yang merujuk pada kata potential. Jens Norby mempublikasikan sebuah karya ilmiah pada tahun 2000 yang berargumen bahwa p adalah sebuah tetapan yang berarti " logaritma negatif"[4].
mengisyaratkan bahwa
Air murni bersifat netral, dengan pH-nya pada suhu 25 °C ditetapkan sebagai 7,0. Larutan dengan pH kurang daripada tujuh disebut bersifat  asam  dan larutan dengan pH lebih daripada tujuh dikatakan bersifat  basa  atau alkali. Pengukuran pH sangatlah penting dalam bidang yang terkait dengan kehidupan atau industri pengolahan kimia seperti  kimia, biologi, kedokteran, pertanian, ilmu pangan, rekaya (keteknikan), dan  oceanografi. Tentu saja bidang-bidang sains dan teknologi lainnya juga memakai meskipun dalam frekuensi yang lebih rendah. (https://id.wikipedia.org/wiki/PH)

Apa perbedaan sifat asam dan Basa tadi ?? 
Sifat ASAM 
-Memilili rasa asam
-Menyebabhkan perubahan lakmus pada tumbuhan dari biru memnjadi merah
-Reaksi dengan logam tertentu menghasilkan  hydrogen, misalnya pada seng, magnesium dan besi
-Larut asam menghasilkan listrik

Sifat BASA
-Memiliki rasa sedikit pahit
-Menyebabkan perubahan warna lakmus pada tumbuhan dari merah menjadi biru
-Larutan basa  terasa licin, misalnya pada sabun
-Larutan bisa menghasilkan listrik

Pernah mendengar air zam-zam , yang banyak diperjual belikan, bahkan menjadi oleh-oleh wajib bagi kaum muslim yang pergi naik haji ataupun ibadah umroh. Air zam-zam memiliki pH diatas 7 dan termasuk air basa

Fakta Ilmiah Kandungan Air Zamzam:

Tidak seperti air mineral yang umum dijumpai, air Zamzam ini memang unik dan jauh berbeda dengan air mineral atau air tanah lainnya. Elemen-elemen kimiawi yang terkandng dalam air Zamzam dapat dikelompokkan sebagai berikut:

- Positive ions seperti sodium (250 mg per litre), calcium (200 mg per litre), potassium (20 mg per litre), dan magnesium (50 mg per litre).
- Negative ions misalnya sulphur (372 mg per litre), bicarbonates (366 mg per litre), nitrat (273 mg per litre), phosphat (0.25 mg per litre) and ammonia (6 mg per litre).

Jumlah zat padat yang terlarut (TDS) di dalam air Zamzam amatlah tinggi, yakni di atas 500 mg/liter. Jumlah tersebut sudah melebihi standar air mimum yang ditetapkan oleh WHO dan Depkes RI. Berdasarkan Permenkes RI No. 492/Menkes/Per/IV/2010, total kepadatan yang terlarut pada air yang layak minum adalah 500 mg/liter atau part per million (ppm).

Air Zamzam juga mengandung kalium dan natrium yang tinggi, sehingga seharusnya dapat membuatnya menjadi basa dan ia tergolong sebagai air alkali. Namun anehnya pH air zamzam ini tidaklah melebihi 8 seperti pada air alkali buatan yang kerap dijumpai di pasaran. Meskipun pH-nya hanya pada kisaran 7, namun air zamzam memiliki daya serap iodine yang jauh lebih baik dari air lainnya. Sumber air yang seperti ini hanya ada satu di dunia yaitu di Mekkah tempat Masjidil Haram berada.
(Sumber: http://www.cakranews.com/read/2016/05/04/3962/0/25/Subhanallah-Fakta-Ilmiah-Kandungan-Air-Zamzam)
air alkali-air zam-zam-ph 7







Tidak ada komentar:

Posting Komentar